kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 8:1-20 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem
8:1 Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (#8-#1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria. 8:2 Orang-orang saleh menguburkan mayat Stefanus serta meratapinya dengan sangat. 8:3 Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.
Filipus di Samaria
8:4 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. 8:5 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. 8:6 Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu. 8:7 Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. 8:8 Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu. 8:9 Seorang yang bernama Simon telah sejak dahulu melakukan sihir di kota itu dan mentakjubkan rakyat Samaria, serta berlagak seolah-olah ia seorang yang sangat penting. 8:10 Semua orang, besar kecil, mengikuti dia dan berkata: "Orang ini adalah kuasa Allah yang terkenal sebagai Kuasa Besar." 8:11 Dan mereka mengikutinya, karena sudah lama ia mentakjubkan mereka oleh perbuatan sihirnya. 8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan. 8:13 Simon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi. 8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. 8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. 8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. 8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. 8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka, 8:19 serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus." 8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Filipus a man who was one of the twelve apostles,a son of Herod the Great; husband of Herodias; ruler of Iturea and Traconitis north and west of Galilee,a man who was one of the seven chosen to serve tables at the church at Jerusalem
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · Saul the sixth king of Edom,son of Simeon and a Canaanite woman,son of Uzziah of Kohath son of Levi
 · Saulus the man from Tarsus who became a great apostle to the gentiles,the first king of Isreal,son of Kish of Benjamin; king of Israel before David
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Stefanus the man who became the first Christian martyr
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Filipus | Simon | Petrus | Yohanes (Rasul) | Herodes | Bait Allah /Bait Suci | Orang Fasik | Samaria Pada Zaman Kristus | Roh Kudus | Paulus | Yohanes | Anugerah Roh Kudus Yang Ajaib | Baptis, Baptisan | Jemaat | Stefanus | Mukjizat Melalui Perantaraan | Perbuatan Ajaib | Mujizat Melalui Kuasa Jahat | Iman | Hina, Penghinaan Terhadap Roh Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 8:1 - MULAILAH PENGANIAYAAN YANG HEBAT. Nas : Kis 8:1 Saulus tampaknya merupakan pemimpin (ayat Kis 8:1-3; 9:1) penganiayaan besar pertama yang sangat hebat terhadap gereja. Laki-laki dan...

Nas : Kis 8:1

Saulus tampaknya merupakan pemimpin (ayat Kis 8:1-3; 9:1) penganiayaan besar pertama yang sangat hebat terhadap gereja. Laki-laki dan perempuan dimasukkan ke dalam penjara (ayat Kis 8:3) dan disesah (Kis 22:19); banyak juga dihukum mati (Kis 22:20; 26:10-11). Namun Allah menggunakan penganiayaan ini untuk memulai pekerjaan pekabaran Injil yang besar dari gereja (ayat Kis 8:4).

Full Life: Kis 8:5-24 - FILIPUS PERGI KE ... SAMARIA. Nas : Kis 8:5-24 Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria. 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan ...

Nas : Kis 8:5-24

Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria.

  1. 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan dan Allah meneguhkan Firman-Nya dengan tanda-tanda yang ajaib (ayat Kis 8:5-7).
  2. 2) Banyak orang Samaria menerima Firman Allah (ayat Kis 8:14), percaya kepada Yesus (ayat Kis 8:12), disembuhkan dan dilepaskan dari kuasa-kuasa kejahatan (ayat Kis 8:7), lalu dibaptis dalam air (ayat Kis 8:12-13). Dengan demikian, mereka mengalami keselamatan, karya pembaharuan Roh Kudus dan kuasa kerajaan Allah

    (lihat cat. --> Kis 8:12).

    [atau ref. Kis 8:12]

  3. 3) Akan tetapi, Roh Kudus "belum turun di atas seorang pun di antara mereka" setelah mereka bertobat dan dibaptis (ayat Kis 8:16).
  4. 4) Beberapa hari setelah pertobatan orang Samaria, Petrus dan Yohanes tiba di Samaria dan berdoa supaya mereka beroleh Roh Kudus (ayat Kis 8:14-15). Jelas adalah selang waktu di antara saat mereka bertobat dan saat mereka menerima baptisan dalam Roh Kudus (ayat Kis 8:16-17; bd. Kis 2:4). Dengan kata lain, penerimaan Roh oleh orang Samaria mengikuti pola pengalaman para murid pada hari Pentakosta

    (lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan

    lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

  5. 5) Penerimaan Roh Kudus seharusnya disertai suatu penyataan lahiriah, yaitu berbicara dengan bahasa roh dan bernubuat

    (lihat cat. --> Kis 8:18).

    [atau ref. Kis 8:18]

Full Life: Kis 8:6 - MELIHAT TANDA-TANDA YANG DIADAKANNYA. Nas : Kis 8:6 Janji Kristus untuk menggunakan tanda-tanda ajaib untuk meneguhkan penyampaian Firman Allah tidak terbatas pada para rasul (Mr 16:15-...

Nas : Kis 8:6

Janji Kristus untuk menggunakan tanda-tanda ajaib untuk meneguhkan penyampaian Firman Allah tidak terbatas pada para rasul (Mr 16:15-18;

lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).

Yesus berjanji bahwa mereka yang bertobat sebagai hasil pelayanan para rasul ("siapa yang percaya") akan melakukan tanda-tanda dalam nama Yesus, seperti mengusir setan-setan (Mr 16:17) dan menyembuhkan orang sakit (Mr 16:18). Hal inilah yang dilakukan oleh Filipus.

Full Life: Kis 8:12 - MEREKA PERCAYA ... NAMA YESUS KRISTUS. Nas : Kis 8:12 Orang-orang Samaria memenuhi syarat-syarat keselamatan dengan sepenuhnya dan menjadi orang Kristen sebelum Roh Kudus datang atas mer...

Nas : Kis 8:12

Orang-orang Samaria memenuhi syarat-syarat keselamatan dengan sepenuhnya dan menjadi orang Kristen sebelum Roh Kudus datang atas mereka.

  1. 1) Mereka "percaya" dan "dibaptiskan". Dua fakta membuktikan dengan jelas bahwa iman orang Samaria adalah iman sejati yang menyelamatkan.
    1. (a) Baik Filipus (ayat Kis 8:12) maupun para rasul (ayat Kis 8:14) menilai iman mereka sah.
    2. (b) Di depan umum orang Samaria itu menyerahkan diri kepada Kristus dengan dibaptis dalam air. Alkitab menyatakan bahwa "siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan" (Mr 16:16). Demikianlah, mereka lahir baru dan didiami oleh Roh Kudus (Rom 8:9).
  2. 2) Roh Kudus yang mereka terima beberapa hari kemudian (ayat Kis 8:17) bukan untuk keselamatan. Sebaliknya, penerimaan Roh itu seperti yang dialami oleh para rasul pada hari Pentakosta, yaitu untuk memperlengkapi mereka dengan kuasa untuk pelayanan dan bersaksi (Kis 1:8; 2:4). Lukas memakai istilah "menerima Roh Kudus" terutama dalam arti memberi kuasa (Kis 1:8; 2:38; 8:17; 10:47; 19:2), dan bukan dalam arti kelahiran baru atau pembaharuan

    (lihat art. PEMBAHARUAN;

    lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan

    lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

  3. 3) Ada orang yang mengajar bahwa iman orang Samaria bukanlah iman yang menyelamatkan dan membaharui. Akan tetapi, tidak masuk akal untuk percaya bahwa Filipus, yang penuh dengan Roh Kudus dan hikmat (Kis 6:3-5), akan membaptiskan, menyembuhkan, serta mengusir setan-setan dari orang-orang yang imannya tidak sungguh-sungguh.

Full Life: Kis 8:16 - BELUM TURUN DI ATAS SEORANGPUN DI ANTARA MEREKA. Nas : Kis 8:16 Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Penta...

Nas : Kis 8:16

Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Pentakosta (Kis 2:4). Dia belum datang atas mereka sebagaimana dijanjikan Bapa (Kis 1:4) dan seperti dinubuatkan Kristus "kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus" (Kis 1:5). Rupanya mereka belum menunjukkan tanda-tanda rohani yang diharapkan, khususnya ucapan ilahi yang diilhami

(lihat cat. --> Kis 8:5-24;

lihat cat. --> Kis 8:18).

[atau ref. Kis 8:5-24; 8:18]

Full Life: Kis 8:17 - MEREKA MENERIMA ROH KUDUS. Nas : Kis 8:17 Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada...

Nas : Kis 8:17

Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada hari Pentakosta (Kis 1:8; 2:4).

"Dua tahap" pengalaman orang Samaria ini -- yaitu, percaya dahulu dan kemudian dipenuhi dengan Roh Kudus -- menunjukkan bahwa pengalaman "dua tahap" orang percaya pada hari Pentakosta tidak abnormal. Baik pengalaman Paulus dalam Kis 9:5-17 maupun murid-murid di Efesus dalam Kis 19:1-6 adalah sama seperti orang Samaria ini. Mereka menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan kemudian mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Akan tetapi, selang waktu di antara keselamatan dan kepenuhan Roh Kudus tidak perlu lama seperti dipertunjukkan mereka yang ada di Kaisarea (pasal Kis 10:1-48).

Full Life: Kis 8:18 - KETIKA SIMON MELIHAT. Nas : Kis 8:18 Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Si...

Nas : Kis 8:18

Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Simon. Masuk akal untuk menyimpulkan bahwa penyataan yang dilihat adalah sama seperti yang terjadi setelah Roh Kudus turun pada hari Pentakosta, yaitu, berkata-kata dengan bahasa roh (lih. Kis 2:4; 10:45-46; 19:6;

lihat cat. --> Kis 11:15;

lihat cat. --> Kis 19:6; dan

[atau ref. Kis 11:15; Kis 19:6]

lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).

Penyataan ini memberikan para rasul dan orang di Samaria tanda-tanda yang mengesahkan bahwa Roh Kudus telah turun atas orang percaya baru ini.

BIS: Kis 8:5 - kota kota: beberapa naskah kuno: kota yang terpenting di.

kota: beberapa naskah kuno: kota yang terpenting di.

Jerusalem: Kis 8:1-4 - -- Ayat-ayat ini terdiri atas beberapa catatan pendek: penguburan Stefanus Kis 8:2, kata penutup untuk hal yang baru diceritakan; Paulus sebagai pengejar...

Ayat-ayat ini terdiri atas beberapa catatan pendek: penguburan Stefanus Kis 8:2, kata penutup untuk hal yang baru diceritakan; Paulus sebagai pengejar umat Kis 8:1,3, sehingga dengan cerita tentang pembunuhan atas diri Stefanus, bdk Kis 7:58, dihubungkan cerita pertobatan Saulus, Kis 9:1-30, yang merupakan akibat pembunuhan Stefanus; akhirnya sebuah catatan mengenai jemaat yang tersebar-sebar Kis 8:1-4, hal mana merupakan pembukaan bagi kegiatan misionaris Filipus; Kis 8:5-40, dan Petrus, Kis 9:32-11:18; Kis 8:4 terulang dalam Kis 11:19. Maka dalam Kis 8:1-4 disarankan pokok-pokok yang selanjutnya akan diperbincangkan sampai bab 12.

Jerusalem: Kis 8:1 - mereka semua Ini tak perlu dimengerti secara harafiah. Pengejaran itu langsung mengenai mereka yang berbahasa Yunani, bdk Kis 6:1,5; justru kelompok yang tersebar ...

Ini tak perlu dimengerti secara harafiah. Pengejaran itu langsung mengenai mereka yang berbahasa Yunani, bdk Kis 6:1,5; justru kelompok yang tersebar oleh pengejaran itu memberikan kepada Gereja misionaris yang pertama, Kis 8:4; 11:19-20

Jerusalem: Kis 8:1 - Samaria Ini tahap kedua dalam merambatnya agama Kristen, bdk Kis 1:8. Tahap ketiga dimulai dengan didirikannya jemaat di Antiokhia, Kis 11:20.

Ini tahap kedua dalam merambatnya agama Kristen, bdk Kis 1:8. Tahap ketiga dimulai dengan didirikannya jemaat di Antiokhia, Kis 11:20.

Jerusalem: Kis 8:5 - ke suatu kota di Samaria Var: ke kota Samaria atau: ke kota Kaisarea. Sudah pasti juga bahwa yang dimaksudkan bukanlah kota Samaria yang ke Yunanian (Sebaste). Halnya tentang ...

Var: ke kota Samaria atau: ke kota Kaisarea. Sudah pasti juga bahwa yang dimaksudkan bukanlah kota Samaria yang ke Yunanian (Sebaste). Halnya tentang pewartaan injil kepada orang-orang Samaria menurut arti kata Yahudi: orang sebangsa dan seagama, tetapi terpisah dari umat Israel dengan menjadi bidaah, bdk Yoh 4:9+; Mat 10:5-6+

Jerusalem: Kis 8:5 - Mesias Juga orang-orang Samaria mengharapkan kedatangan Mesias, bdk Yoh 4:25.

Juga orang-orang Samaria mengharapkan kedatangan Mesias, bdk Yoh 4:25.

Jerusalem: Kis 8:10 - Kuasa Besar Atau kurang tepat kiranya: Kuasa Allah yang disebutkan Megalle (artinya dalam bahasa Aram: Yang menyatakan). Maka orang menerima bahwa semacam pancara...

Atau kurang tepat kiranya: Kuasa Allah yang disebutkan Megalle (artinya dalam bahasa Aram: Yang menyatakan). Maka orang menerima bahwa semacam pancaran dari Allah tertinggi tinggal dalam diri Simon, sehingga ia mempunyai kuasa ajaib.

Jerusalem: Kis 8:20 - karunia Allah Roh Kudus merupakan karunia Allah yang unggul, bdk Kis 2:38; 10:45; 11:17; Luk 11:9,13.

Roh Kudus merupakan karunia Allah yang unggul, bdk Kis 2:38; 10:45; 11:17; Luk 11:9,13.

Ende: Kis 8:1 - Semua orang ketjuali Rasul-rasul Penganiajaan rupanja chususnja ditudjukan kepada para penjebar Indjil dan pembantu rasul-rasul jang berasal dari luar Palestina. Karena mereka dipenga...

Penganiajaan rupanja chususnja ditudjukan kepada para penjebar Indjil dan pembantu rasul-rasul jang berasal dari luar Palestina. Karena mereka dipengaruhi kebudajaan Junani, seperti tampak dalam pidato Stefanus, dan tjara berpikir dan sikapnja terhadap"adat istiadat" tidak sepitjik orang Jahudi di Jerusalem, maka hal itu dengan sendirinja menimbulkan kebentjian dan pertentangan.

Ende: Kis 8:10 - Jang Agung Dewa jang tertinggi. Maklumlah agama orang Samaria jang berpokok pada agama Jahudi sangat bertjampuran dengan unsur-unsur kafir.

Dewa jang tertinggi. Maklumlah agama orang Samaria jang berpokok pada agama Jahudi sangat bertjampuran dengan unsur-unsur kafir.

Ende: Kis 8:17 - Merekapun menerima Roh Kudus Sebenarnja Roh Kudus sudah diterima ketika dipermandikan, tetapi oleh peletakkan tangan dan doa Rasul-rasul orang jang sudah dipermandikan menerima ke...

Sebenarnja Roh Kudus sudah diterima ketika dipermandikan, tetapi oleh peletakkan tangan dan doa Rasul-rasul orang jang sudah dipermandikan menerima kekuatan Roh Kudus jang istimewa, biasanja dewasa itu kurnia-kurnia jang njata.

Ref. Silang FULL: Kis 8:1 - Saulus // rasul-rasul, tersebar // dan Samaria · Saulus: Kis 7:58 · rasul-rasul, tersebar: Kis 8:4; Kis 11:19 · dan Samaria: Kis 9:31

· Saulus: Kis 7:58

· rasul-rasul, tersebar: Kis 8:4; Kis 11:19

· dan Samaria: Kis 9:31

Ref. Silang FULL: Kis 8:3 - Tetapi Saulus // jemaat itu · Tetapi Saulus: Kis 7:58 · jemaat itu: Kis 9:1,13,21; 22:4,19; 26:10,11; 1Kor 15:9; Gal 1:13,23; Fili 3:6; 1Tim 1:13

Ref. Silang FULL: Kis 8:4 - yang tersebar // memberitakan Injil · yang tersebar: Kis 8:1 · memberitakan Injil: Kis 15:35

· yang tersebar: Kis 8:1

· memberitakan Injil: Kis 15:35

Ref. Silang FULL: Kis 8:5 - Dan Filipus · Dan Filipus: Kis 6:5; 21:8

· Dan Filipus: Kis 6:5; 21:8

Ref. Silang FULL: Kis 8:7 - banyak orang // yang disembuhkan · banyak orang: Mr 16:17; Mr 16:17 · yang disembuhkan: Mat 4:24; Mat 4:24

· banyak orang: Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

· yang disembuhkan: Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

Ref. Silang FULL: Kis 8:9 - melakukan sihir // sangat penting · melakukan sihir: Kis 13:6 · sangat penting: Kis 5:36

· melakukan sihir: Kis 13:6

· sangat penting: Kis 5:36

Ref. Silang FULL: Kis 8:10 - Kuasa Besar · Kuasa Besar: Kis 14:11; 28:6

· Kuasa Besar: Kis 14:11; 28:6

Ref. Silang FULL: Kis 8:12 - Kerajaan Allah // mereka dibaptis · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2 · mereka dibaptis: Kis 2:38; Kis 2:38

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

· mereka dibaptis: Kis 2:38; [Lihat FULL. Kis 2:38]

Ref. Silang FULL: Kis 8:13 - dan mujizat-mujizat · dan mujizat-mujizat: Kis 8:6; Kis 19:11

· dan mujizat-mujizat: Kis 8:6; Kis 19:11

Ref. Silang FULL: Kis 8:14 - tanah Samaria // firman Allah // dan Yohanes · tanah Samaria: Kis 8:1 · firman Allah: Ibr 4:12; Ibr 4:12 · dan Yohanes: Luk 22:8; Luk 22:8

· tanah Samaria: Kis 8:1

· firman Allah: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

· dan Yohanes: Luk 22:8; [Lihat FULL. Luk 22:8]

Ref. Silang FULL: Kis 8:15 - Roh Kudus · Roh Kudus: Yoh 20:22; Yoh 20:22

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 8:16 - antara mereka // Tuhan Yesus · antara mereka: Kis 10:44; Kis 10:44; Kis 19:2 · Tuhan Yesus: Mat 28:19; Kis 2:38; Kis 2:38

· antara mereka: Kis 10:44; [Lihat FULL. Kis 10:44]; Kis 19:2

· Tuhan Yesus: Mat 28:19; Kis 2:38; [Lihat FULL. Kis 2:38]

Ref. Silang FULL: Kis 8:17 - atas mereka // Roh Kudus · atas mereka: Kis 6:6; Kis 6:6 · Roh Kudus: Yoh 20:22; Yoh 20:22

· atas mereka: Kis 6:6; [Lihat FULL. Kis 6:6]

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 8:20 - dengan uang · dengan uang: 2Raj 5:16; Dan 5:17; Mat 10:8; Kis 2:38

· dengan uang: 2Raj 5:16; Dan 5:17; Mat 10:8; Kis 2:38

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 8:1-3 - Penganiayaan terhadap Jemaat Dalam pasal ini kita mendapati cerita tentang berbagai macam penganiayaan terhadap orang-orang Kristen, dan tersebarnya Kekristenan melalui pengan...

Matthew Henry: Kis 8:4-13 - Penyebaran Injil; Keberhasilan Filipus Penyebaran Injil; Keberhasilan Filipus ( Kis 8:4-13) Teka-teki Simson dipecahkan lagi di sini: Dari yang makan keluar makanan, dari yang kuat ke...

Matthew Henry: Kis 8:14-25 - Kisah Simon Si Tukang Sihir Kisah Simon Si Tukang Sihir ( Kis 8:14-25) Allah secara menakjubkan sudah mengakui Filipus dalam pekerjaannya sebagai seorang penginjil di Samari...

SH: Kis 8:1-3 - Bagai benih (Rabu, 6 Juli 2011) Bagai benih Ada kontras dalam sikap orang yang ada di dalam perikop ini. Kelompok pertama adalah mereka yang melakukan penganiayaan hebat terhadap je...

SH: Kis 8:1-3 - Penderitaan Pangkal Penyelamatan (Senin, 4 Juni 2018) Penderitaan Pangkal Penyelamatan Ketika gereja dibom, dibakar, ditutup, dan izin untuk beribadah dipersulit, apakah kita akan melakukan aksi demonstr...

SH: Kis 7:54--8:3 - Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah (Selasa, 8 Juni 1999) Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah Banyak orang tidak mau memberikan peringatan apalagi mengatakan kesalahan mereka, demi me...

SH: Kis 7:54--8:3 - Memang seharusnya terjadi (Jumat, 27 Juni 2003) Memang seharusnya terjadi Bagian firman Tuhan yang baru saja kita baca ini merupakan salah satu kisah yang paling mengharukan. Ada beberapa hal ...

SH: Kis 7:54--8:3 - Martir perdana (Selasa, 30 Juni 2009) Martir perdana Seakan belum cukup umat Tuhan menyalibkan Yesus, kini mereka menambah dosa dengan membunuh seorang murid Tuhan. Kisah martir perd...

SH: Kis 7:54--8:1 - Religius, tetapi terpisah dari Kristus (Selasa, 5 Juli 2011) Religius, tetapi terpisah dari Kristus Bagai orang kebakaran jenggot begitulah kira-kira yang terjadi pada anggota Mahkamah Agama saat itu. Bayangkan...

SH: Kis 7:54--8:1 - Kematian Membuahkan Penyelamatan (Minggu, 3 Juni 2018) Kematian Membuahkan Penyelamatan Di tengah kebencian, permusuhan, geram, amarah, amukan massa yang membabi buta, dapatkah kita melihat Tuhan? Biasany...

SH: Kis 8:4-25 - Makin dibabat, makin merambat (Rabu, 9 Juni 1999) Makin dibabat, makin merambat Sejarah mengisahkan bahwa kekristenan berulang kali menghadapi tekanan, ancaman, hambatan bahkan penganiayaan. Waj...

SH: Kis 8:4-25 - Masih ada manusia lama (Sabtu, 28 Juni 2003) Masih ada manusia lama Kitab Kisah Para Rasul dapat pula kita sebut Kisah Karya Roh Kudus sebab pemeran utama kisah dalam kitab ini sebenarnya ...

SH: Kis 8:4-25 - Penginjilan secara utuh (Jumat, 24 Juli 2009) Penginjilan secara utuh Dari laporan Lukas, kita dapat menyimpulkan bahwa Simon, si tukang sihir, telah menjadi percaya melalui pelayanan Filipu...

SH: Kis 8:4-25 - Merobohkan tembok pemisah (Kamis, 7 Juli 2011) Merobohkan tembok pemisah Terpencarnya umat Tuhan ke Yudea dan Samaria ternyata menghasilkan misionaris, bukan pengungsi yang melarikan diri sekadar...

SH: Kis 8:4-25 - Bersaksi (Selasa, 5 Juni 2018) Bersaksi Salah satu tugas orang percaya adalah memelihara iman dan bersaksi tentang Injil Kristus. Sayangnya, sebagian besar biaya operasional gereja...

Utley: Kis 8:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:1a 1Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. Kis 8:1 "Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh" ...

Utley: Kis 8:4-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:4-84 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. 5 Dan Filipus pergi ke suatu kota ...

Utley: Kis 8:9-13 - --NASKAH NASB (UPDATED):Kis 8: 9-139 Seorang yang bernama Simon sejak dahulu melakukan sihir di kota itu dan mentakjubkan rakyat Samaria, serta berlagak...

Utley: Kis 8:14-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:14-2414 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah mendengar Firman Allah, mereka mengutus Petr...

Topik Teologia: Kis 8:1 - -- Gereja Gereja Yerusalem Kis 8:1 Kis 11:22 Kis 15:4 Penganiayaan Terhadap Orang Percaya Kis 8:1-3 Kis 13:49-50 1Te 3...

Topik Teologia: Kis 8:2 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab untuk Mencari Kebajikan dan Kualitas Pribadi Kesalehan ...

Topik Teologia: Kis 8:3 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Menghancurkan Maz 5:10 Maz 14:4 Maz 5...

Topik Teologia: Kis 8:4 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Kis 8:5 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Pengusiran Iblis Pengenyahan Iblis Para Pengikut Yesus Mengusir Iblis ...

Topik Teologia: Kis 8:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Tujuan Mujizat-mujizat Itu ...

Topik Teologia: Kis 8:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Gereja Misi, Pelayanan dan Aktivitas Gerej...

Topik Teologia: Kis 8:9 - -- Gereja Sakramen / Ketetapan Gereja Ketetapan Baptisan Contoh-contoh Baptisan Orang Samaria Dibaptis Kis 8:9-12

Topik Teologia: Kis 8:12 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Berbicara, Berkhotbah,...

Topik Teologia: Kis 8:13 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Menyatuka...

Topik Teologia: Kis 8:14 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan Iman yang Menyelamatkan...

Topik Teologia: Kis 8:16 - -- Yesus Kristus Tuhan Yesus Kis 7:59 Kis 8:16 Kis 11:20 Kis 15:11 Kis 16:31 Kis 20:21 1Ko 5:4-5 2Ko 11:31 Kol 3:17 1Te 4:1 2Te 1:...

Topik Teologia: Kis 8:17 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan Iman yang Menyelamatkan...

Topik Teologia: Kis 8:18 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Menyatuka...

Topik Teologia: Kis 8:20 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Menyatuka...

TFTWMS: Kis 8:1-4 - Nyala Api Menjalar NYALA API MENJALAR (Kis 8:1-4) Pasal 8 dibuka dengan kata-kata ini: "Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh" (8:1a). Dari tempat l...

TFTWMS: Kis 8:5-25 - Nyala Api Menjalar Ke Utara NYALA API MENJALAR KE UTARA (Kis 8:5-25) Tema pada ayat 1 dan 4 belakangan dikembangkan dalam pasal 11: "Sementara itu banyak saudara-saudara te...

TFTWMS: Kis 8:5 - Pribadi Kristus PRIBADI KRISTUS (Kis 8:5) Sewaktu Filipus "memberitakan Kristus" kepada orang Samaria, tidak diragukan lagi ia memberitakan pelbagai kebena...

TFTWMS: Kis 8:5-11 - Pendosa Yang Terasing PENDOSA YANG TERASING (Kis 8:5-11) Cerita kita dimulai ketika seorang penginjil yang bernama Filipus sampai di kota Samaria untuk memberitakan Kristu...

TFTWMS: Kis 8:5-13 - Dirubah DIRUBAH (Kis 8:5, 12, 13) Simon mungin telah menjadi pesulap ulung, namun tipu muslihat sulapnya tampak tidak berarti ketika Filipus datang ke Samari...

TFTWMS: Kis 8:12 - Kerajaan Kristus KERAJAAN KRISTUS (Kis 8:12) Ayat 12 mengatakan, "Tetapi sekarang mereka [orang Samaria] percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang K...

TFTWMS: Kis 8:12 - Nama Kristus NAMA KRISTUS (Kis 8:12) Filipus juga memberitakan masalah "nama Yesus Kristus" sewaktu ia "memberitakan Kristus." Dalam kajian ki...

TFTWMS: Kis 8:12 - Pelbagai Syarat Keselamatan Dari Kristus PELBAGAI SYARAT KESELAMATAN DARI KRISTUS (Kis 8:12) Akhirnya, sewaktu Filipus "memberitakan Kristus" kepada orang Samaria, ia memberitakan ...

TFTWMS: Kis 8:14-23 - Anak Yang Bersalah ANAK YANG BERSALAH (Kis 8:14-19, 23) Sewaktu para rasul di Yerusalem mendengar bahwa injil telah menyebar ke Samaria, mereka lalu mengirim Petrus dan...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kita tidak diberitahu mujizat-mujizat dan tanda-tanda apakah yang Stefanus telah adakan. Kita duga jenisnya sama dengan yang diada...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NYALA API YANG MENJALAR (Kis 8:1-40) Kisah pasal 7 berakhir dengan perajaman Stefanus. Bagi Stefanus, kematiannya itu membuahkan mahkota yang termasy...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 8:1-40) Di zaman kini, beberapa jemaat menderita mentalitas "penembak bayaran": Dalam zaman Old West di Amerika, kota-kota ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Beberapa orang mengatakan bahwa khotbah Stefanus merupakan "Kesempatan Terakhir Bangsa Yahudi." Pernyataan ini agak berl...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ARTI MEMBERITAKAN KRISTUS (Kis 8:5, 12) Dalam Kisah 8:5 kita membaca, "Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PERUBAHAN HIDUP SEORANG PENYIHIR (Kis 8:5-24) Apakah yang terpikir oleh Anda bilamana mendengar kata "pesulap"? Kelinci keluar dari topi? ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 8:5, 12) Kita telah melihat apa itu arti memberitakan Kristus. Memberitakan Kristus tidak hanya melibatkan pemberitaan pelbagai keben...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 8:5-24) Apakah yang telah terjadi ke atas Simon? Saya tidak tahu. Dalam abad-abad belakangan banyak tulisan dibuat tentang dirinya, t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Dalam bahasa Inggris kadangkala dieja "Sigmund." Syngman Rhee adalah seorang pemimpin besar Korea. 2 Pernyataan ini d...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ia dalam bahaya berada "dalam empedu yang pahit" (yang dipakai adalah kata kerja masa depan). 2 Gall itu sendiri (sep...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.90 detik
dipersembahkan oleh YLSA